BPHN Mengasuh Bersama OBH Taruna Indonesia Beri Penyuluhan Di SMP Negeri 46 Surabaya

Surabaya,Warnakotanews.com
Program BPHN ini di gelar di SMP 46, Surabaya .oleh OBH Taruna Indonesia . Acara ini dihadiri kurang lebih 50 ( Lima Puluh ) murid dan beberapa Guru, gedung diaula lantai 2 . Senin, (20-03-2023) .

Belakangan ini masyarakat dihebohkan oleh kasus-kasus kriminal yang melibatkan anak-anak, siswa atau pelajar. Mulai dari bullying, tawuran, penganiayaan, penggunaan narkoba dan berbagai tindak pidana, serta kriminal lainnya.

Maraknya kasus yang melibatkan anak-anak dan pelajar tersebut tentu saja sangat-sangat lah mengkhawatirkan dan memprihatinkan masa depan generasi penerus Bangsa.

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) menyadari betapa pentingnya untuk membekali, merawat dan menjaga generasi emas Indonesia dengan pengetahuan Hukum dan Pancasila dalam Program BPHN Mengasuh.

BPHN Mengasuh edukasi anak-anak dan pelajar pemahaman mengenai nilai-nilai hukum ( Senin, 20 Maret 2023).

BPHN Mengasuh edukasi anak-anak dan pelajar pemahaman mengenai nilai-nilai hukum .

BPHN Digelar serentak dan terpadu mulai 20 Maret hingga 14 April 2023 mendatang, BPHN Mengasuh melibatkan 527 Pejabat fungsional Penyuluh Hukum di seluruh Indonesia ditambah ribuan advokat dan Paralegal yang tergabung dalam OBH yang terakreditasi BPHN periode 2022-2024.

Melalui program tersebut, anak-anak dan pelajar akan diberikan pemahaman mengenai nilai-nilai hukum dan ketertiban termasuk pemahaman sanksi hukum beserta dampaknya.

Yang mana, jika pemahaman dampak sanksi hukum diberikan dengan baik dan tepat, maka hal itu dapat secara preventif dan persuasif mencegah anak-anak dan pelajar untuk tidak melakukan kejahatan dan mencegah maraknya budaya kekerasan antar sesama mereka di masyarakat.

Program BPHN ini di gelar oleh OBH TARUNA INDONESIA, yang dipimpin R. Arif Budi Prasetijo,SH, tidak hanya pengetahuan hukum, Program BPHN mengasuh juga akan memberikan penguatan dan pendampingan kepada anak-anak dan pelajar mengenai nilai-nilai luhur Pancasila, seperti saling hormat-menghormati, saling menghargai, saling toleransi, saling bergotong-royong, rukun, dan memupuk rasa persatuan kesatuan Bangsa.

Menurut Yuliyana, SH,.MH menyampaikan kepada segenap murid-murid SMP 46, Surabaya . Yang hadir dalam acar ini bahwa
“Program ini diharapkan mampu memberikan efek positif bagi anak-anak dan pelajar agar mampu membentuk karakter kuat dan bermartabat serta mampu mencegah tindakan brutal dan tindak kekerasan di kalangan anak-anak dan pelajar”, terangnya .

Dan juga berpesan, untuk tidak melakukan kekerasan baik fisik maupun verbal kepada sesama rekan pelajar. Dan membentuk karakter dan juga nilai-nilai moral keagamaan.

“Ingat, kekerasan itu termasuk kejahatan dan tindak pidana dan akan berhadapan dengan hukum. Masa depan kalian akan suram. Belajarlah dengan baik agar dapat wujudkan cita-cita yang kalian idamkan”, tambahnya

Senada dan Seirama Sri Indah Winarti selaku Humas SMP 46 Surabaya ” mengatakan bahwa manfaat dari program ini sangatlah besar sekali bagi siswa atau pelajar khususnya siswa SMP 46 untuk mengenal dan memahami kenakalan remaja semakin marak dengan adanya program ini semoga semua pelajar supaya sadar hukum ,” pungkas Indah .

Perlu diketahui Program BPHN Mengasuh ini dilatar belakangi keprihatinan terhadap kasus-kasus kenakalan remaja dan anak sekolah yang akhir-akhir ini sering terjadi. Oleh karena itu, BPHN menganggap penting adanya program pembinaan hukum kepada para siswa di sekolah. Pengasuhan diberikan kepada siswa SD, SMP dan SMA terhadap pengetahuan hukum dan nilai-nilai Pancasila,”

Program ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia mulai tanggal 20 Maret 2023 Maret sampai dengan 14 April 2023..*Rhy

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *