Surabaya , warnakotanews.com
Sidang lanjutan gugatan perdata merek dengan Perkara No.5/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN.Niaga Sby. yang digelar hari Kamis 06 Oktober 2022 diruang sidang Tirta 2, yang beragendakan saksi.

Sidang lanjutan terkait Hak merek antara PT. Meroke Tetap Jaya dari pihak tergugat dengan kuasa Hukum Dr. Turman M. Panggabean ,SH.,MH & Rekan selaku Tergugat konvensi / Pengugat Rekonvensi , melawan H.Subianto Budiman pihak Pengugat dengan kuasa Hukum Hidayat SH.& Partners Konvensi /Tergugat Rekonvensi .

Dalam pokok gugatan terkait merek yang bergerak dibidang memproduksi pupuk yaitu merek Mutiara dan Bintang Mutiara dan/atau Bintang Mutiara 16-16-16 yang sama-sama terdaftar dan bersertifikat

PT. Meroke Tetap Jaya yang berkedudukan di alamatkan di jl. M.H. Thamrin no. 67-67-A,67-B Medan, Sumatera Utara . Dan untuk wilaya Jawa Timur kantor beralamatkan di jl. Kalianak no.51-C , kelurahan Kalianak, Kecamatan Asem Rowo, Kota Surabaya ,Jawa Timur.

Dari keterangan kedua saksi Yul Erdi dan Kriston Marbun yang sama-sama sudah pensiun dan juga perpengalaman dibidang pupuk, dari salah satu nya bekerja mulai tahun 1979 sampai terakhir kerja Mei 2014. Menerangkan bahwa suatu merek prodak yang sudah didaftarkan di Kementrian Hukum dan HAM itu, maka disitulah perusahaan tersebut mendapatkan perlindungan Hukum untuk pemakaian merek berdasarkan ketentuan Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis, dan juga sudah ditentukan pada pasal 3 disebutkan Hak atas merek.

Dan juga menjelaskan bahwa NPK 16-16-16 Itu merupakan unsur kandungan, yang berarti NPK ( N ; Nitrogen16%, P ; Pospor%, K ; Kalium 16% ) itu semua bagian dari kandungan dan atau komposisi , dan ini semua adalah jenis pupuknya dan juga termasuk unsur-unsur yang terkandung didalamnya.

Menurut penjelasan Dr. Turman M. Panggabean ,SH.,MH & Rekan kuasa hukum dari PT. Mutiara Tetap Jaya , bahwa dari kedua saksi yang menguasai dibidang pupuk tersebut menjelaskan bahwa NPK 16-16-16 itu bukan Merek tapi hanya keterangan.
Jadi keterangan gak bisa dijadikan Merek , jadi NPK 16-16-16 itu hanya unsur Hara, unsur-unsur kimia yang ada di dalam itu sama halnya dengan komposisi kandungan didalam prodak tersebut.

Bahkan dengan tegas Dr. Turman M. Panggabean ,SH.,MH. Menjelaskan PT.Mutiara Tetap Jaya bergerak dibidang produksi pupuk merek Mutiara dan terdaftar di kementrian Hukum dan HAM tahun 1998 menggunakan merek Mutiara terdaftar No. 435595 . Daftar pertama kali tanggal 13 februari 1998 yang telah diperpanjang dan terbit sertifikat merek tertanggal 13 Juni 2007 dan terdaftar Nomor IDM 000123493 ( Perpanjangan yang kalinya tahun 2017 ) dengan masa perlindungan merek sampai tanggal 13 februari 2028 , yang menunjukkan dan membuktikan bahwa merek dagang Mutiara telah digunakan selama 24 tahun , sejak didaftarkan tahun 1998 .

Masih dari Dr. Turman M. Panggabean ,SH.,MH. Kuasa dari tergugat “kok lucu dia ( CV. Sumber Agung Jaya ) yang dompleng dia, malah kita yang digugat disini lah malah kita sudah laporkan pidananya LP nomor B/0607/X/2021 SPKT Bareskrim Polri tanggal 6 Oktober 2021” jelasnya .

Ditempat yang sama depan ruang sidang tirta2 dari kuasa Hukum Pengugat CV. Sumber Agung Jaya menjelaskan dengan singkat bahwa kedua saksi tidak mengetahui terkait Merek ataupun unsur-unsur dari merek dan saya rasa untuk saksi hari ini tidak membantu , jelasnya.* Rhy

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *