Diwaduli Warga Sungai Dipenuhi Eceng Gondok, Bambang Haryo Turun Tangan

Sidoarjo, Warnakotanews.com Masyarakat sepanjang Sungai Tanjungsari di Kecamatan Taman mengungkapkan kekhawatiran mereka terkait kondisi sungai yang saat ini dipenuhi oleh eceng gondok dan mengalami kedangkalan. Kondisi ini telah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Menurut Kasiati, seorang warga dari RT 23 RW 04 Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, dia melihat sendiri permukaan sungai di depan rumahnya telah sepenuhnya ditutupi oleh eceng gondok. Bahkan kedangkalan air juga menjadi masalah yang serius.

Sudah lama tanaman air ini tumbuh dengan lebat, menyelimuti permukaan air hingga puluhan meter,” ungkapnya pada Rabu (30/8/2023).

Kekhawatiran ini juga disampaikan oleh Bambang Haryo Soekartono, pendiri BHS Peduli. Dia langsung merespon keluhan warga dengan mengunjungi lokasi yang terkena dampak.

Dalam kunjungannya, Calon Legislatif DPR RI Dapil Jatim dari Partai Gerindra, yang juga merupakan pendiri BHS Peduli, melihat sendiri kondisi sungai tersebut. Ia mendesak agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) memberikan perhatian serius terhadap pembersihan dan normalisasi sungai.

Kondisi sungai yang tidak hanya dibanjiri eceng gondok di permukaannya, tetapi juga mengalami kedangkalan yang signifikan, menjadi perhatian serius. Bahkan, tanah di dasar sungai terlihat terbuka dan terangkat ke permukaan air.

Bambang Haryo Soekartono menyampaikan harapannya bahwa pemerintah daerah akan segera mengambil tindakan. Jika dalam waktu seminggu tidak ada upaya konkret untuk mengatasi masalah eceng gondok dan kedangkalan ini, BHS Peduli siap turun tangan untuk membersihkan eceng gondok dan mengatasi kedangkalan. Dia menegaskan bahwa kedalaman sungai sekunder semestinya mencapai 5 meter.

ebih lanjut, Bambang Haryo Soekartono menjelaskan bahwa jika masalah ini tidak segera diatasi, dampak buruk dapat terjadi, terutama ketika musim hujan tiba. Potensi banjir akan meningkat karena eceng gondok dan kedangkalan dapat menyebabkan meluapnya sungai.

Sebagai bagian penting dari ekosistem, penting bagi pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap kondisi sungai ini. Sungai Tanjungsari memiliki peranan penting dalam penyediaan air bersih melalui PDAM Tawangsari Taman.

Meskipun Sidoarjo telah mencapai predikat baik dalam bidang lingkungan, masalah ini harus segera ditangani. Bambang Haryo Soekartono menyatakan komitmennya untuk mendukung penyelesaian masalah ini.

“Harapan kami, pemerintah segera merespons. Jika tidak ada langkah konkret, Tim BHS Peduli siap untuk turun tangan membantu masyarakat menghadapi keluhan ini,” tegas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *