Kota Tangerang, Warnakotanews.com – Jelang Ramadhan 1444 Hijriyah, Polres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya mengerahkan pasukan Polisi RW untuk membersihkan masjid dan mushola yang berada di pusat kota hingga pelosok pemukiman warga.

Salah satunya, Masjid Jami’ Nurul Huda yang berada ditengah pemukiman padat penduduk di RW 04 Kelurahan Sudimara Timur Kota Tanggerang Banten.

Bersenjatakan sapu, kain pel, selang, ember serta peralatan pembersih ruangan/bangunan, petugas berseragam coklat ini, terlihat sangat sigap membersihkan setiap sisi masjid yang dirasa kurang bersih.

Pelaksana Harian Kepala Satuan (PLH KASAT) Polres Metro Tanggerang Kota, Kompol Reza Pahlevi, mengaku mendapatkan perintah langsung dari Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho untuk membuat aman dan nyaman masjid yang akan digunakan warga selama bulan Ramadhan 2023.

“Pertama, kehadiran Polisi RW sejatinya bukan hanya membuat suasana aman namun juga senantiasa menciptakan atmosfer teduh, sejuk dan nyaman bagi masyarakat, salah satunya dengan turut menjaga kebersihan,” kata Reza kepada wartawan, Selasa (21/3/2023).

Sesuai arahan Kapolres, lanjut Reza, segenap insan Bhayangkara yang bertugas sebagai Polisi RW, konsisten menjaga keamanan dan kenyamanan warga khususnya selama bulan suci Ramadhan.

Melihat Polisi RW yang tak sungkan menyingsingkan lengan baju dan menggulung tinggi celana saat membersihkan masjid, beberapa warga langsung berbaur dengan petugas untuk membersihkan tempat ibadah satu-satunya bagi ratusan umat muslim di RW 04 Kelurahan Sudimara Timur Kota Tanggerang dan sekitarnya.

“Dibantu pengurus masjid dan warga sekitar, kami yang ditemani Kanit Bin Kamsa AKP. Setiyo dan anggota unit Binkamsa Polres Metro Tangerang Kota dapat lebih cepat membersihkan masjid sehingga tidak mengganggu waktu sholat,” jelas Reza.

“Seperti yang Bapak Kapolres katakan, kami berharap gerakan ini membentuk kultur dan ekosistem yang baik dilingkungan warga. Satu hal yang harus di ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman,” tutur Reza.

Sementara itu, Ketua RW 04 Kelurahan Sudimara Timur Kota Tanggerang Banten, Anto Gaeg, mengaku warganya sangat senang dengan inisiatif Polres Metro Kota Tangerang, yang membersihan masjid dilingkungan mereka.

“Terimakasih Pak Kapolres, warga senang, Insya Allah warga semakin khusyuk beribadah karena aman dan masjidnya kinclong banget,” pungkas Anto.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Metro Tangerang Kota mengukuhkan 1.320 personel sebagai polisi rukun warga (RW) untuk lebih dekat dengan masyarakat, mendengar, mencatat untuk mencari solusi bersama terkait permasalahan kamtibmas.

“Polisi RW ini bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, permasalahan pun akan cepat tercatat dan terselesaikan,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di lapangan apel Polres Metro Tangerang Kota.

Ia menjelaskan, keberadaan polisi RW adalah bentuk kepolisian yang modern yang lebih mengedepankan kegiatan pencegahan (proactive policing).

Masyarakat bisa lebih cepat melapor ketika terjadi permasalahan di lingkungan tetapi tetap mengedepankan kerja sama dengan semua pihak seperti bhabinkamtibmas, babinsa, lurah, ketua RW dan segenap tokoh masyarakat.

“Polisi RW maupun bhabinkamtibmas yang hadir ke tengah-tengah masyarakat bertugas melaksanakan sambang door to door di setiap lingkungan RW,” terang Kombes Zain.

“Selain itu Polisi RW Juga menyosialisasikan nomor telepon gratis bebas pulsa kepolisian 110 Polda Metro Jaya, lalu memasang stiker yang berisi nomor telepon kapolres, kapolsek dan nomor pengaduan polres 082211110110,” pungkasnya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *