Kapal KM. Fortuner kebakaran diperairan Pelabuhan umum Gresik .

Gresik,Warnakotanews.com

TNI Angkatan Laut melalui Satuan Patroli (Satrol) Lantamal V dalam hal ini Kal Warakas melaksanakan Evakuasi laka laut kebakaran Kapal KM. Fortuner. Kamis (12/01)

laka laut kapal kebakaran bertempat di sekitar perairan APBS Area tunggu Sandar (Anchor Area) depan Pelabuhan umum Gresik.

Kronologis awal ABK KM.Kapal KM. Fortuner memperbaikan blower dengan pemotongan menggunakan las blander, sekitar pukul 16.00 Wib, Perbaikan blower diatas kamar tidur juru mudi pada posisi Lego 07.08. 394 S 112. 40. 361 T, Pemilik PT. Mas Antar Samudra Surabaya di ageni oleh Bapak Charles,

menurut salah satu ABk juru mudi tiba-tiba ada percikan api dan asap tebal dengan sangat cepat merambat ke sekitar ruangan kamar .

Tindakan ABK kapal setelah melihat api dan asap langsung melaksanakan pemadaman dengan menggunakan Apar, akan tetapi angin dari Utara sangat kencang serta asap semakin tebal hingga ABK tersebut berusaha keluar dari Ruangan Kapal .

Selanjutnya pukul 16.05 Wib Crew Kal Warakas yang Jaga pada posisi lego 07.05 53 S 112.40.56 T serta anggota lain langsung mengadakan peran jangkar, sped Kal Warakas langsung meluncur ke KM. Fortuner.

Pukul 16.15 Wib Kal Warakas tiba di tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melaksanakan pendekatan, penyekatan dan evakuasi ABK. Sesuai keterangan ABK yang di evakuasi ke Kal Warakas seluruhnya ABK berjumlah 16 orang, untuk 5 Crew sedang melaksanakan ijin turun.

Sedangkan ABK yang di evakuasi ke Kal Warakas sejumlah 6 orang atas nama Supriadi sebagai oiler, Steven Saragih oiler, Miko Lubis Oiler, Ilham juru mudi, Nahik juru mudi, Andre klasi dan ABK Selebihnya di evakuasi oleh sped KPLP.

Kapal yang membantu pelaksanaan penyekatan dan evakuasi ABK KM. Fortuner tersebut, diantaranya Kal Warakas, Kal Kadet 7, Sped KPLP dan Kapal Tunda Jaya Negara 201, TD Jaya Negara 303 untuk melaksanakan penyemprotan ke KM. Fortuner.

Sampai saat ini dua Kapal tunda tersebut masih melaksanakan penyemprotan KM. Fortuner dan berhasil dipadamkan .

Selanjutnya pukul 17.30 Wib Kal Warakas sandar untuk menyerahkan ABK KM. Fortuner dalam kondisi Sehat ke pihak keagenan PT. Valen Samudera Jaya, Wilayah kerja Gresik guna di tindak lanjuti. Kemudian Pukul 18.15 Wib sesuai informasi Speed Warakas yang standby di lokasi api sudah padam dan kapal Tunda masih melaksanakan pendinginan Ruangan KM. Fortuner. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *